Laman

Tentang Saya





Biodata Terbaru: 

DEKA AMALIA
Bernama lengkap Dewi Kurniawati, nama Fb dan Nama pena Deka Amalia. Lahir di Bandung. Pernah menjadi Dosen Sastra dan bahasa Inggris di beberapa perguruan tinggi selama lebih dari 20 tahun, memiliki minat menulis, beberapa cerpen karyanya pernah dimuat di harian The Jakarta Post, satu cerpen dibacakan mahasiswa asing yang belajar di Indonesia dalam program Darmasiswa antar negara, beberapa tulisan ilmiah dalam bidang sastra pernah ikut tampil di berbagai seminar nasional dan internasional. Dua antologi indie telah dibukukan dan satu antologi beredar secara nasional, For The Love Of Mom, yang terbit di bulan Oktober 2011. Menerbitkan novel berantai LOVE ASSET bersama 16 penulis perempuan lainnya, terbit 10rb eks dan beredar secara nasional  Nov 2011. Menerbitkan antologi romantis Endless Love tahun 2012. Menerbitkan buku 101 Perempuan Berkisah sebagai buku yang didedikasikan untuk perempuan NOV 2013.  Menerbitkan buku Bersandarlah pada Allah Semata Nov 2014.
Karya yang terbit tahun 2015 : Novel  solo romantis berjudul “Biarkan cinta Datang. Let it go...Let it be... dan  2016 : Novel  solo thriller berjudul “Dua Detik” (coming soon)
Juni 2016 terbit buku motivasi berjudul GOING 50.


April 2017 terbit dua buku parenting berjudul Lima Tahun Pertama dan Engkau Pasti Bisa. Buku parenting untuk anak ABK.
Dua buku antologi berjudul Impian Perempuan dan Kumcer Romantis. Terbit pula satu kumpulan puisi duet berjudul LIRIH. 

Aktif di komunitas penulis perempuan: Women Script Community sebagai ketua Umum. Mendirikan Writing Training center yang kemudian berubah menjadi Deka Amalia Writing Center. Aktif mengisi pelatihan menulis untuk berbagai kalangan di dalam dan luar negeri. Aktif sebagai mentor menulis secara online dan offline dan telah mengantarkan banyak penulis pemula menghasilkan karya. Founder dan mentor Writerpreneur Club (penerbit indie)
Telah terbit 50 buku di Writerpreneur Club. Beredar online atau di Toko Buku Gramedia. 
Dan mendirikan Delima Project bersama Nuzulia Rahma dan Risma El Jundi, sebuah program yang mengkhususkan menulis sebagai terapi(Writing Therapy)
Email : dewi_suci2001@yahoo.com.
Blog : www.dekamalia.com
Fb : Deka Amalia Ridwan
Ig : deka66
Twitter : @dekamr

~~~***~~~






 Belajar menulis hingga terbit. 21 buku solo terbit dari yang belajar bersama Deka Amalia. 


Deka Amalia. Dosen Sastra selama 22 tahun, membimbing ratusan skripsi sastra, menulis ratusan modul perkuliahan tentang sastra, menulis ratusan artikel populer dan ilmiah, menulis review produk, menulis buku untuk berbagai perusahaan besar dan kontributor beberapa majalah internal untuk beberapa perusahaan besar. Menjadi Ghost Writer untuk beberapa public figure, partai dan menulis company profile berbagai perusahaan. Cerpenis di tahun 90 an. Cerpen terbanyak dimuat di The Jakarta Post. Mengawali karir sebagai dosen dengan menjadi asisten Dosen Guru Besar Sastra UI Prof. Dr. Riris.K.Toha Sarumpaet.Ph.D (1989 - 1995) Terlibat dalam pementasan drama di TIM mewakili universitas(1989-1990) Pernah aktif sebagai sekertaris HISKI (persatuan dosen sastra seluruh Indonesia) cabang Jakarta periode 1990 - 1995. Menjadi pembicara, narasumber dan trainer di bidang kepenulisan dan menerbitkan buku sejak tahun 2010 di berbagai instansi dan lembaga. Pernah mengisi pelatihan di Johor Bahru, Malaysia. 
2015 memberikan pelatihan di PSU Pattani, Thailand. 








Sekilas profil :

Sejak lama, saya menyukai menulis. Sudah sedari kecil sering menggoreskan pena dalam berbagai puisi, cerpen, cerber dan artikel. Kuliah di Fak sastra jurusan Bahasa Inggris melengkapi kesukaan saya dalam bidang tulis menulis. Melahap berbagai bacaan literatur lokal maupun asing. Setelah lulus diminta mengajar dan akhirnya mengabdikan diri sebagai Dosen Bahasa dan Sastra di beberapa perguruan tinggi selama lebih 20 tahun. Sejak tahun 2010 secara tidak sengaja bergelut di dunia menulis. Seperti magma yang lama terpendam hasrat menulis menggebu. Meski saat menjadi dosen kerap terlibat dalam berbagai penelitian sastra, seminar lokal dan luar negeri. Menulis modul kuliah dan lain sebagainya.

Dunia menulis begitu memikat, akhirnya memutuskan pensiun dini dan terjun bebas ke dunia menulis di awal tahun 2013. Mendirikan komunitas Women Script & Co bersama beberapa teman penulis. Hingga akhirnya menjadi ketua komunitas. Tak dinyana komunitas berkembang hingga lebih dari 2000 member aktif. Setiap hari ada jadwal berbagi untuk anggota, tentang dunia tulis menulis yang bisa diikuti dengan gratis.






Minat menulis ternyata luar biasa hingga akhirnya mendirikan Deka Amalia Writng Center. Semua program dikelola secara profesional, lengkap dengan sap silabus, modul dan latihan terukur serta trainer yang profesional di bidangnya. Semua program bisa diikuti secara online dan offline dengan biaya yang sangat terjangkau. Banyak alumni lulusan yang telah berhasil mengembangkan karir menulisnya. Yang membedakan training center kami dengan yang lain yaitu di sini tidak hanya belajar tetapi juga memberikan kesempatan untuk produktif. Bonus dibantu promosi sosmed, media cetak, talk show radio dan lainnya. 

Penulis yang belajar dan terbit bukunya, bisa mengikuti Pesta Buku sebagai media launching dan bedah buku bersama. Telah 3 kali Pesta Buku terselenggara yaitu Desember 2015 di Blok M Plaza, Juni 2016 di SQ Dome dan Juni 2017 di Senayan City. Kegiatan ini akan ada dua kali dalam setahun mulai tahun ini. 







Program yang dikembangkan adalah Privat Mentoring buku solo hingga terbit, Regular offline dan online serta In House Training. Semua program tersebut telah diikuti oleh hampir 1000 peserta, di dalam negeri dan luar negeri. 

Program yang bisa diikuti:
1. Pelatihan menulis cerpen
2. Pelatihan menulis artikel
3. Pelatihan teknis menulis yang baik
4. Copywriting
5. Pelatihan membaca cepat.
6. Pelatihan menyiapkan buku fiksi(novel)
7. Pelatihan mennyiapkan buku non fiksi
8. Pelatihan Public Speaking
9. Pelatihan menulis untuk blog
10. Pelatihan Editing
Saat ini dibuka juga kesempatan untuk menjadi perwakilan dengan  sharing profit.

Info langkap bisa diikuti di Fan Page FB Deka Amalia Writing Center


Saya sangat menikmati dunia saya saat ini, sebagai istri dan ibu dari tiga putri. Kegiatan saya saat ini sangat membuat saya merasa lebih hidup. Semoga makin bisa memberi manfaat. Aamiin.





5 komentar:

  1. blogwalking mampir. salam kenal, mak..

    BalasHapus
  2. Waw... Produktif sekali ya. Bukunya bisa banyak begitu. Tabungan akhirat insyaAllah :D. Jadi ingiinnm bisa begituu..

    BalasHapus
  3. Hebat Mbak..Banyak banget prestasinya!

    BalasHapus
  4. Mbak Dewiii .keren banget... Ilmu sastranya tertuang dibuku-bukunya yaa..masih mengajar Mbak?

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka