Rabu, 02 Maret 2016

Beberapa Jenis Artikel dan Cara menuliskannya.


Beberapa Jenis Artikel dan Cara menuliskannya.

Selama ini kita sudah sering menulis artikel, tetapi apakah sudah mengetahui jika artikel juga ada beberapa jenisnya. Seringkali, orang menulis saja artikel tanpa tahu jenisnya. Memang tidak masalah juga siih. Tetapi akan jauh lebih baik jika kita mengenali ragam jenis artikel dan mulai menulis dengan menyesuaikan jenisnya. Dengan demikian  tulisan kita akan makin berkualitas, ulasannya  tajam dan jelas targetnya.

Selain itu, biasanya para pemberi job penulisan artikel bisa menilai kualitas tulisan kita dari cara kita menuliskannya. Jika artikel kita bagus biasanya mereka lebih suka dan bila kita diminta menulis artikel sesuai tujuan yang ingin mereka capai, kita siap.
Job itu akan datang tanpa terduga. Tiba-tiba saja email berdatangan memberi pesanan penulisan artikel. Saya sudah mengalaminya. Honornya lumayan antara 300rb – 1jt. Bahkan bisa dikontrak dengan nilai jutaan.


Minggu kemarin (28 Maret 2016)  saya baru diminta ufm radio untuk memberikan pelatihan sehari dengan topik umum : menulis artikel. Event ini disponsori oleh Domino Pizza. Pesertanya dapat ilmu dan makan gratis. Nikmat, kan? Semoga nanti ada lagi yang memberi saya job memberikan pelatihan bersponsor. Jadi bisa mengajak lebih banyak teman untuk ikut pelatihan gratisnya.  Alhamdulillah, selain mendapat job menulis artikel, saya juga sering diminta untuk memberikan pelatihannya.  
Jadi jangan ragu untuk makin mengasah keterampilan menulis ya.




Baiklah, silahkan disimak penjelasan di bawah ini.

Apakah artikel itu?
Artikel adalah karangan pendek, berkisar antara 500 sampai 1.000 kata, yang biasanya  membahas tema tertentu.  Bertujuan untuk menyampaikan pikiran terhadap sebuah realitas, baik berupa fakta, atau konsep tertentu. Artikel juga bisa merupakan laporan pengamatan terhadap sebuah peristiwa atau hanya sekedar berbagi pengalaman.

Beberapa jenis artikel :
Artikel Deskripsi
Artikel Narasi
Artikel Eksposisi
Artikel Argumentasi
Artikel Persuasi
Artikel SEO (Khusus Untuk Menulis Online)

Langkah-langkah Menulis Artikel Secara Umum :

Secara garis besar, langkah-langkah menulis artikel dapat kita bagi menjadi 5 poin penting yaitu:

  • Menetukan tema atau topik. Tema haruslah spesifik. Semakin spesifik semakin menarik untuk dibaca.
  • Tetapkan tujuan penulisannya apa. Kebanyakan artikel, apalagi dalam artikel jenis deskripsi dan narasi, tidak menyatakan tujuan penulisan secara tersurat, melainkan tersirat saja
  •  Rumuskan ide pokok atau masalah. Biasanya perumusan masalah ditulis dalam bentuk pertanyaan. Hanya saja dalam penulisan artikel deskripsi dan narasi, rumusan masalahnya tidak tersurat tapi tersembunyi dibalik alur tulisan kita.
  •     Kembangkan tema dan pembahasan sesuai dengan jenis artikel yang mau kita tuliskan.
  •    Buatlah kesimpulan. Kesimpulan bisa dibuat mudah. Kita bisa membuatnya dengan baik bila logika atau alur artikelnya benar.


 Jenis Artkel dan cara menuliskannya.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah artikel yang bertujuan untuk menulis gambaran suatu fakta sehingga pembaca dapat membayangkannya.   

Caranya :
Tentukan objek, baik berupa keadaan atau konsep yang mau dideskripsikan
Tentukan juga tujuan penulisan secara tersirat.
Tentukan rumusan ide pokok secara tersirat.
Kembangkan tulisan secara berurutan. Dari awal ke akhir. Semua digambarkan dengan jelas. Tutup dengan paragraf yang menyimpulkan topik yang dideskripsikan.



Artikel Narasi

Artikel jenis ini ditujukan untuk menceritakan suatu keadaan atau situasi, baik berdasarkan urutan waktu atau urutan kejadian.  Bisa disebut sebagai sebagai artikel cerita. Karena itu biasanya ada tokoh yang diceritakan lengkap dengan konfliknya.

Caranya :
Tentukan tema.
Tentukan tujuan secara tersirat.
Tentukan rumusan ide pokok secara tersirat.
Kembangkan tulisan dengan membuat alur cerita: awal, tengah dan akhir. Bagian awal buatlah pembukaan yang menarik; Bagian tengah gambarkan masalahnya apa,  sampai pada puncak konflik alias klimaks; Setelah itu,ditutup dengan anti klimaks.



Artikel Eksposisi

Artikel jenis ini merupakan tulisan yang bertujuan untuk menguraikan suatu topik. Bisa berupa uraian tentang definisi, fungsi, bagian dan kegunaan suatu konsep. Dapat juga berupa cara atau proses mengerjakan suatu hal.

Caranya :
Tentukan tema.
Tentukan tujuan secara tersirat.
Tentukan rumusan ide pokok secara tersirat.
Kembangkan tulisan sesuai tujuan. Bila tulisan bertujuan untuk menjelaskan pengertian, maka kembangkan  dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan definisi atau prosesnya.  Bila  ingin menjelaskan cara, buatlah tahapan-tahapan dari awal sampai akhir secara sistematis. Bila  ingin menjelaskan kegunaan, buatlah kegunaannya satu persatu. Dan bila ditujukan untuk menjelaskan proses, maka jelaskan prosesnya. Terakhir buat kesimpulan sesuai tujuan penulisannya.

Artikel Argumentasi

Artikel ini berupa tulisan adu argumen. Penulisannya dilatarbelakangi oleh kritik terhadap suatu pendapat. Penulis biasanya akan memasukkan opini pribadi ke dalam tulisan, tentu dengan data atau fakta yang mendukung, sehingga pendapatnya bisa mendapat dukungan atau diterima  pembaca.

Caranya :
Tentukan tema.
Tentukan tujuan secara tersirat.
Tentukan rumusan ide pokok secara tersirat.
Kembangkan tulisan dengan menyajikan data dan fakta untuk menguatkan pendapat  kita dan juga dapat melemahkan pendapat orang lain. Buat kesimpulannya. 

Artikel Persuasi

Artikel jenis ini dikenal juga dengan artikel motivasi. Karena penulisannya bersifat persuasif. Efeknya dapat menggerakkan pembaca untuk mengikuti sesuai ajakan kita.

Caranya :
Tentukan tema.
Tentukan tujuan secara tersirat.
Tentukan rumusan ide pokok secara tersurat.
Kembangkan tulisan dengan menyajikan data dan fakta untuk meyakinkan pembaca sehingga dapat menggerakkan pembaca untuk mengerjakan ajakan kita. Buat kesimpulan.

Artikel SEO
Artikel SEO adalah artikel yang ditujukan untuk mengoptimalkan pencarian kata kunci di situs search engine seperti gooogle. Ini adalah  jenis artikel tersendiri. Ini adalah artikel yang ditujukan khusus untuk pencarian online yang jenisnya bisa berupa deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi atau persuasi. Sesuai dengan tujuan artikelnya. Hanya tulisannya ini tujuannya agar mudah dilacak oleh search engine.

Demikian, cara penulisan artikel dan caranya. Semoga manfaat ya.  

Note : ingin berlatih menulis berbagai artikel? Inbox saya untuk info lengkap yaa....


28 komentar:

  1. Wahh..Terimakasih bermanfaat sekali mak

    BalasHapus
  2. Wahh..Terimakasih bermanfaat sekali mak

    BalasHapus
  3. hihi aku suka bgt tulisan narasi, pas bgt nih artikelnya :)

    BalasHapus
  4. Ternyata artikel ini ada jenis dan klasifikasinya ya Mba.. Kudu paham dulu kayaknya dengan hal ini agar kita bisa menciptakan artikel yg baik..

    BalasHapus
  5. Terima kasih sharingnya. Jadi tau macam2 artikel :)

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
  6. Wah Ibu Dosen, Terimakasih sharing bermanfaatnya! :D

    BalasHapus
  7. seneng,,bisa ngeblog dan bertemu blog2 orang pinter..berilmu..bisa nyuri ilmunya..hahahah... biasanya aku nulis artikel.. cuma jelasin gitu.. gak pernh kepikir pengen bikin artikel jenis apa...

    mkasih postingannya..bu..

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah bisa bermanfaat ini tulisannya. Bunda kalau bisa ada tentang artikel SEO yang lebih detail. Karena di atas hanya sepintas hehe. Hanya saran sih...

    BalasHapus
  9. Terima kasiiihh, banyak ilmu masuk nih

    BalasHapus
  10. terimakasih atas share ilmunya bu,,

    BalasHapus
  11. Kak..sebulan baca berapa buku ya?

    BalasHapus
  12. Waaah ilmu bagus nih, te buat yga sedang belajar nulis artikel. Termasuk nulis blog. Ma kasih ilmunya ya.

    BalasHapus
  13. Bermanfaat sekali, saya jadi belajar banyak mengenai cara menulis. Kadang nuangin ide tuh susah..hehe

    BalasHapus
  14. waah lengkap ya ternyata mbak macam-macam tulisan :) terima kasih sharingnya

    BalasHapus
  15. Wah ilmu banget ini. Senengnya dapet ilmu dari pakarnya langsung. Makasih mba sudah mau berbagi.

    BalasHapus
  16. Terima kasih sudah mau share yang beginian bu
    sangat bermanfaat buat saya
    agar penulisan lebih jelas dan baik :)

    BalasHapus
  17. Sangat bermanfaat bu, terima kasih sharing ilmunya bu

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka