Minggu, 16 Agustus 2015

Tips Menulis untuk Media


Sudah lama sebetulnya saya tidak mengirim artikel ke media, dahulu saat aktif menjadi dosen ada beberapa artikel saya yang pernah dimuat di media. Saya ingin berbagi tips menulis untuk media, semoga ini juga memberi saya semangat untuk kembali menulis artikel. Silahkan disimak, semoga manfaat ya. Amin.

Artikel
Menulis artikel sebetulnya tidak terlalu sulit, apalagi jika kita terbiasa menulis di blog. Terbiasa menulis membuat kita mampu menuliskan sesuatu dengan baik dan enak dinikmati. Artikel secara sederhana adalah berbagi  sesuatu melalui tulisan. Bisa pikiran, perasaaan, pendapat atau pengalaman. Artikel merupakan tulisan pendek dalam bentuk non fiksi. Secara sederhana kita harus punya ide dan topik tulisan. Topik itulah yang bisa kita bahas dalam artikel.

Pelajari media yang mau kita kirimi artikel
Setelah kita punya ide dan topik maka pilih media yang tepat. Media yang membutuhkan tulisan kita. Pelajari dulu medianya dan sesuaikan dengan topik tulisan kita. Setelah cocok baru kita kirim. Mengirimnya sederhana, cukup lewat email. Artikel yang ditolak terkadang bukan karena tulisannya jelek tetapi karena tidak tepat dengan bentuk medianya. Jadi sesuaikan artikel tersebut dengan medianya. Apakah itu majalah, tabloid atau koran.

Sesuaikan artikel dengan visi dan misi media tersebut
Apakah cukup hanya sekedar menyesuaikan bentuk tulisan, topik dengan medianya? ternyata belum cukup. Setiap media punya visi dan misi yang tercermin lewat gaya dan tulisan mereka. Maka pelajari visi dan misinya agar  artikel yang kita tulis secara tidak langsung mengandung visi dan misi tersebut. Artikel yang seperti ini biasanya sangat dibutuhkan oleh media tersebut.

Sesuaikan topik atau tema dengan target pembacanya
Setelah kita sesuaikan topik artikel dengan jenis media beserta visi misinya, ada satu hal lagi yang harus kita perhatikan yaitu target pembaca dari media tersebut. Isi bahasan dan gaya penulisan harus sesuai  dengan target pembaca media yang kita tuju.

Pelajari ketentuan teknik penulisan
Teknik penulisan juga tak kalah penting. Biasanya media mencantukan syarat font, jumlah karakter atau halaman dan spasi. Perhatikan dengan teliti dan ikuti ketentuan ini. Jangan anggap sepele karena media tidak mau terlalu repot mengedit habis artikel kita. Mereka lebih menyukai artikel yang sudah pas atau jika perlu diedit juga tidak terlalu banyak. Halaman ini berhubungan dengan lay out yang sudah mereka sediakan spotnya untuk artikel kita.

Pastikan isi tulisan menarik dan berbeda
Boleh saja kita menulis dengan baik dan rapi tetapi jika isinya tidak menarik dan tidak ada manfaatnya tentu akan diabaikan. Meskipun kita menulis sesuatu yang sudah banyak ditulis orang tetapi jika kita mampu menuliskannya dengan sudut pandang berbeda tentu malahan sangat menarik. Atau mungkin kita memang menulis sesuatu yang belum pernah ditulis, dan ini sangat jarang terjadi.


Begitulah teman-teman, beberapa hal yang perlu diperhatikan. Oya, honornya lumayan antara 300rb - 1.5jt. tergantung medianya.

Selamat mencoba





9 komentar:

  1. thanks for sharing mak....:)
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya teh deka :)

    BalasHapus
  3. Noted. Makasih info n share ilmunya ya mbak

    BalasHapus
  4. Ok dicatat, te. Terima kasih ilmunya ya, te

    BalasHapus
  5. Mantabbb
    Thank ilmu nya ibuuk. Jd pngen coba kirim tulisam.ke media

    BalasHapus
  6. Makasih sharing ilmunya. Pengen nulis ke media.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka