Selasa, 12 Mei 2015

Apakah Self Branding itu?


*Talk Show di berbagai Radio


Apakah self branding itu? sebuah pertanyaan sederhana namun mungkin masih banyak yang belum memahaminya. Termasuk cara dan tujuannya. Jika dulu branding seringkali membutuhkan bantuan pihak lain kini kita bisa melakukannya sendiri. Yang dibutuhkan adalah memahami dan kemudian mau berproses menjalaninya. Termasuk menjalaninya dengan sepenuh hati dan tidak setengah-setengah. Juga bersabar menjalaninya karena semua membutuhkan proses dan tidak ada kepastiannya. Apakah waktunya cepat atau lama. Mungkin bisa jadi tergantung keberuntungan, ada yang cepat menuai hasil tapi ada juga yang membutuhkan waktu. Padahal sebetulnya bukan hanya faktor keberuntungan tetapi juga strategi jitu. Membutuhkan strategi? itu pasti.

@Republika

Apakah Self Branding itu?
Self branding adalah "marketing yourself"  Jika kita punya tujuan dari sebuah produk atau jasa yang kita jalani. Produk dan jasa tersebut sudah menjadi bisnis yang menghasilkan. Jika produk tentu lebih mudah, lalu bagaimana dengan jasa? jasa yang berkaitan dengan diri kita sendiri. Misalnya sebagai penulis dan blogger yang kita geluti secara profesional dan menghasilkan secara materi. Maka temukan nilai jual pada diri kita. Nilai jual berupa jasa yang bisa kita tawarkan dan kualifikasi yang kita miliki. Kita juga membutuhkan ciri khas yang bisa membedakan kita dengan yang lainnya. Jika itu sudah kita pahami tentu kita bisa mulai membangun image dan mulai menjalaninya. 

Salah satu yang dibutuhkan adalah self improvement. Meningkatkan kualitas diri harus berbarengan dengan membangun image. karena semua berkaitan dengan kualifikasi yang akan menentukan kreatifitas kita. Oleh karena itu penting adanya dengan berbagai cara kita terus meningkatkan kualitas diri kita. Dengan belajar dan terus belajar. Karena apa yang kita pelajari tidak akan ada yang mubazir. Semua akan bermanfaat dalam perjalanan kita. 

Setelah itu yang kita lakukan adalah memahami siapa diri kita? apa tujuan kita? dan apa mimpi kita. Semua harus 1 paket. Kita buat kemasan yang pas dengan apa yang mau kita capai di masa depan. Buat peta diri kemudian buat pemetaan apa yang mau kita lakukan dalam membangun image kita. Sehingga secara perlahan dan pasti kita menjalankan proses tersebut.

Jika kita telah punya peta diri yang jelas maka kita siap bersaing dengan sehat. Tidak kuatir dengan munculnya saingan kita. Jika perlu bersaing maka persaingan itu akan menjadi sehat. Persaingan yang sehat adalah yang saling mendukung. Tidak pelit berbagi ilmu dan tidak kuatir orang lebih hebat dari kita. Mengapa bisa begitu? karena kita punya rasa percaya diri yang kuat. Rasa percaya diri tersebut membuat kita mampu membangun image yang menjadi ciri khas kita sendiri. Ciri khas tersebut yang membedakan kita dengan yang lain. 


@tabloid Wanita Indonesia

Apa gunanya self branding?
Alasan self branding yang paling utama adalah jika kita mau menekuni bidang tertentu secara profesional. Tentu ini menjadi penting dan sangat dibutuhkan jika kita ingin sukses. Di dunia yang makin berkembang pesat dan persaingan yang tidak mudah. Jika kita tidak melakukannya justru kita akan tenggelam dan bisa jadi tersesat. 

Apa gunanya?

  1. A better job. Dengan self branding kita berharap mendapat pekerjaan yang lebih baik, terus menerus dan tidak berhenti. Tidak dapat dipungkiri jika dengan melakukan self branding, kita banyak mendapat pekerjaan.
  2. Better contact. Kita menjalin koneksi dengan banyak orang. Hingga kita dicari. Kalau pada awalnya kita mencari orang maka kelak orang akan mencari kita. Jika pada awalnya kita mencari pekerjaan maka kelak pekerjaan akan berdatangan.
  3. Industry Recognition. Kita dikenal di dunia yang kita geluti. Orang tahu siapa kita dan kapasitas kita. Sehingga kita akan dihargai karena kemampuan yang kita miliki. 
Nah, dengan memahami self branding dan manfaatnya maka kita akan semangat menjalaninya.
Bagaimana caranya? temukan di artikel saya yang berikutnya. Ini masih bersambung.

Salam Semangat.























30 komentar:

  1. self branding ternyata perlu ya, terima kasih mak :)

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus Mak, sarat ilmu. Trimakasih sdh berbagi, semoga berkah ya Mak ^_^

    BalasHapus
  3. Mdh2an saya berhasil mem-branding diri sendiri...

    Makasih udah sharing ya mba..

    BalasHapus
  4. Hmmm *manggut2* kece mak artikelnya, ringan, tapi berbobot, topik bahasannya juga menarik, sukaa ♥

    BalasHapus
  5. terima kasih sharingnya.
    semoga sukses terus buat mbak deka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Sama-sama Mbak. Sukses juga yaaa

      Hapus
  6. ditunggu lanjutannya ya mak, lg pgn branding diri jg nih :)

    BalasHapus
  7. Iya Mbak, self branding sangat penting, apalagi jika dunia kerja yang digeluti tak mengharuskan tatap muka secara langsung. Terima kasih artikel bermanfaatnya

    BalasHapus
  8. Manfaat banget nih artikelnya. Trims yaaa

    BalasHapus
  9. waah saya ngeblog tanpa sadar sudah membranding diri sendiri as a soap maker :D hehe~ sepertinya. salam kenal mba tulisan yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak, terima kasih.

      Hapus
  10. Sedang berusaha membranding diri juga, makasih mbak artikelnya :)

    keluargahamsa.com

    BalasHapus
  11. ternyata blogger juga butuh banget self branding ya mbak, saya pernah lihat beauty blogger yang sangat cantik dan update dengan make up sesuai dengan self brandingnya sebagai beauty blogger ;)

    BalasHapus
  12. setuju mak..self branding mm perlu

    BalasHapus
  13. Sadar atau tidak, semua yang kita lakukan menjurus ke 'sef-branding' itu sendiri ya mba.. Jadi harus awas, supaya image yang ditampilkan memang seauai dengan kualitas diri :)

    BalasHapus
  14. Wah ilmu bgt nih. Makasih bun 😃

    BalasHapus
  15. Masih terus belajar untuk self branding nih mak deka... Terima kasih pembelajarannya mak.

    BalasHapus
  16. Saya masih berusaha membranding diri. Ditunggu lanjutannya.

    BalasHapus
  17. Nice post mba , Bikin saya semangat lagii ! Hehehe


    www.dinalangkar.com

    BalasHapus
  18. Dengan melakukan segala sesuatu yg terbaik dan maksimal dengan hati yang tulus yg insyaAllah juga akan sampai di hati orang lain... Aku rasa ini self branding paling jitu

    BalasHapus
  19. Masalahnya kitanya sudah paham belum ya kelebihan dan kekurangan kita. Nice sharing mak...terima kasih ilmunya

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka