Minggu, 05 April 2015

Beberapa Teknik Menulis Artikel yang Baik dan Menarik

Pernah merasa bingung mau menulis apa? atau mau memulai dari mana? atau mungkin berpikir apakah tulisan saya tepat atau tidak. Atau kadang, sudah punya ide tulisan tetapi bingung bagaimana agar tulisan bisa jadi artikel yang baik dan menarik. Walau ukurannya masih bisa diperdebatkan tetapi ada beberapa hal yang bisa dijadikan patokan. Sehingga kita bisa menilai sendiri apakah artikel yang kita tulis sesuai dengan yang diharapkan.

Jika menulis untuk blog tentu saja blogger punya kebebasan mau menuliskannya seperti apa. Berbeda jika kita mengirim artikel ke media, yang tentu saja punya kriteria sendiri untuk dinilai. Sehingga bisa diputuskan apakah artikel tersebut bisa dimuat atau tidak. Bagi blogger yang ingin meningkatkan keterampilan menulis hingga jika tiba-tiba saja dapat permintaan menulis artikel untuk brand maka tentu akan lebih mudah. Tidak ragu lagi menerima job tersebut. 

Saya sering membaca beberapa artikel di blog teman-teman saya. Saya melihat juga jika masing-masing sudah punya gaya penulisan sendiri. Ada yang santai, sehingga pemilihan katanya seperti ngobrol dengan teman. Jadi kaidah EYD tidak diperhatikan, ada yang melow penuh dengan bahasa kiasan dan ada yang semi formal, kalimatnya teratur dan kaidah EYD sudah diperhatikan. Tentu kita bebas mau memilih gaya penulisan seperti apa. Yang terpenting tentu jangan jadi peniru. Jadilah diri sendiri. karena tulisan mencerminkan jati diri kita sendiri. 

Dengan berproses terus menulis, gaya tersebut akan kita temukan. Gaya penulisan yang membuat kita nyaman, Jika sudah kita temukan. tetaplah dijalankan, tidak perlu mengubah gaya tersebut. Hanya mungkin tinggal kita sesuaikan mana saat kita menulis santai dengan tidak mengindahkan EYD dan kapan kita harus menulis lebih rapi, sesuai EYD. terutama jika artikel tersebut kita tulis untuk media atau brand tertentu.

Berikut beberapa teknik yang bisa digunakan untuk bisa menulis dengan baik dan menarik :

  1.  Definisi baik : artikel ditulis dengan rapi, pemilihan kata yang tepat, kalimat yang lancar mengalir sehingga membuat pembaca bisa menikmati artikel tersebut. Definisi menarik : ada isi yang bermanfaat bagi pembacanya dan ada pesan yang disampaikan dalam artikel tersebut.
  2. Punya ide tulisan dan pemilihan tema yang sesuai dengan kebutuhan kita dan pembaca. Jika ada ide, pikirkan apa tema yang bisa kita bahas.
  3. Ulas dengan tuntas. Tidak menggantung. Jadi artikel selesai dan pembaca menangkap kesimpulannya.
  4. Tidak bertele-tele. Buang yang tidak perlu.
  5. Tulis sesuatu yang membuat kita bergairah menuliskannya. 
  6. Tulis sesuatu dengan cara melihat sudut pandang yang baru, pemikiran baru atau penyajian baru.
  7. Panjang halaman disesuaikan. Jangan terlalu pendek tetapi juga jangan terlalu panjang
  8. Bisa menggunakan gambar atau vidio untuk membuat tampilan lebih menarik
  9. Jika mengutip, sertakan sumbernya.
  10. Perhatikan EYD dan lakukan self editing.

Hal tersebut di atas bisa digunakan untuk menilai tulisan sendiri. Caranya, tuliskan dulu lalu baca ulang. Apakah sudah terasa enak dibaca? apakah ada yang perlu ditambah atau apakah ada yang perlu dibuang? Setelah yakin baru bisa diposting atau kirim ke media. Atau jika itu artikel pesanan, bisa langsung di email.

Tidak ada tulisan yang langsung sempurna. Yang ada adalah seseorang yang mau terus menulis dan memperbaiki diri. Belajar dan berproses untuk lebih baik. jadi jangan tunggu tulisan langsung rapi dan menarik, karena itu  didapat melalui proses. jadi langkah pertama : tulis saja. langkah kedua : belajar untuk terus lebih baik. Langkah ketiga: terus menulis.

Semoga bermanfaat yaaa.....



Note : 
Mau dibimbing untuk bisa menulis dengan lebih baik dan menarik ?
Buka ini ya : http://duniadeka14.blogspot.com/2015/04/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri.html






27 komentar:

  1. Poin ke 4 itu yang kadang membuat saya bimbang. Jika dibuang sayang, tak dibuang bimbang.. Hehehe

    Teruslah berkarya!
    Salam..

    BalasHapus
  2. Salam juga. Jangan sayang membuang yang tdiak perlu he he he

    BalasHapus
  3. Bermanfaat sekali mbak... terima kasih.

    BalasHapus
  4. sampai saat ini saya terus mencoba belajar menulis yang baik dan benar hehe makasi tipsnya mbak Deka

    BalasHapus
  5. Proses itu penting ya mbak cz g da yg instant untuk mnjadi sukses...Salm kenal..

    BalasHapus
  6. Aku kadang suka nggak yakin tulisanku bagus dan enak dibaca mbak. Memang penting buat menjalani sebuah proses.

    BalasHapus
  7. Aku kadang suka nggak yakin tulisanku bagus dan enak dibaca mbak. Memang penting buat menjalani sebuah proses.

    BalasHapus
  8. Aku kadang suka nggak yakin tulisanku bagus dan enak dibaca mbak. Memang penting buat menjalani sebuah proses.

    BalasHapus
  9. Hehehe... Bermanfaat sekali tipsnya.. Tapi kalau blogger yg spt saya sering banget langsung main posting, nggak dibaca ulang lagi. Maklum lah cuma seorang blogger yang nggak sempurna.. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa mbak, sambil belajar terus...

      Hapus
  10. Terimakasih mba.. Kembali diingatkan.. ;)

    BalasHapus
  11. thanks sharingnya mbak

    menulis dan nge-blog emang harus seiring sejalan ya

    BalasHapus
  12. Terima kasih sharingnya bu Deka. Bermanfaat sekali. Semoga saya bisa terus belajar dan berhasil menjadi penulis sebaik bu Deka.

    BalasHapus
  13. Siap belajarrr. Terima kasih bu Deka suntikan smangatnya

    BalasHapus
  14. sejauh ini saya menulis panjang mbak hingga 2000 kata, semata-mata ingin memberikan informasi selengkap mungkin ke para pembaca, memang sih jika bloogger yang BW-an mereka tidak akan membaca artikel saya dari awal hingga akhir, karena memang ga semua artikel mereka butuhkan, dan lebih mengutamakan silaturahmi.

    nah, karena target pembaca saya itu yang benar2 butuh informasi yang dari google search, makanya tulisan saya panjang2 mbak...

    BalasHapus
  15. Saya nich kadang ngegantung kadang bertele-tele, jadi di beberapa blogpost beda-beda tulisannya. Pingin euy konsisten, tapi keknya terantung emosi yang sedang ada deh, mungkin y

    BalasHapus
  16. Kdg pernah udah lamaa banget nulisnya, tp pas dibaca lg kok ya kurang enak. Pdhl udh keburu capek mau edit. Akhirnya aku diemin dulu. Barulah besoknya, pas badan udh fresh lg, baca ulang trus nemu ide utk memperbaiki bagian2 yg ga enak dibaca :D. Memang jd lbh lama publishnya di blog, tp drpd yg kita tulis asal2an ya :D

    BalasHapus
  17. Terimakasih mb deka.. Ijin save dan praktek 😊

    BalasHapus
  18. Terimakasih mb deka.. Ijin save dan praktek 😊

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka