Senin, 06 April 2015

Berbagi Pengalaman : Tips Self Branding untuk Penulis dan Blogger





Tips Self Branding untuk Penulis dan Blogger

Saat ini dunia menulis dan blogger sedang hangat-hangatnya. Senang rasanya melihatnya, terutama sesama perempuan. Karena jadi banyak perempuan yang bisa berdaya tanpa sering meninggalkan rumah. Memanfaatkan sosmed yang juga berkembang pesat. Kita jadi bisa punya eksistensi diri, aktualisasi diri, punya pertemanan baru, persahabatan baru, dunia baru bahkan penghasilan baru. Semua tentu dimungkinkan.

Namun dimana pun dunia ada dua sisi mata uang, ada positif dan negatif. Tidak bisa dihindari gesekan kadang terjadi, persaingan pun ada. Ada yang saling nyinyir berbalas pantun di status FB, ada yang nekad copas bahkan plagiat. Semua itu karena masing-masing berusaha untuk meraih apa yang diinginkan. Padahal jika saja tahu, jika melakukan hal negatif maka akan berbalik pada diri sendiri tentu banyak orang akan berpikir seribu kali melakukannya. Tapi itu lah dunia, selalu ada dua sisi mata uang di lingkungan mana pun. 

Padahal setiap orang bisa bersaing dengan sehat, setiap orang bisa meraih impian tanpa perlu melakukan hal yang negatif. Masih banyak cara yang positif yang bisa kita lakukan untuk meraih apa yang diinginkan. Tanpa perlu kepo dengan urusan orang lain dan memandang setiap orang dengan sudut pandang positif. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk maju, misalnya dengan terus berusaha berbuat sebaik mungkin. Dengan berusaha produktif dan aktif melakukan berbagai hal yang bisa menjadi nilai tambah bagi diri kita sendiri.

Jika ada di lingkungan kita orang-orang yang seperti itu, yang membawa aura negatif. Lupakan saja, jangan pikirkan. Jangan jadi mengganggu karena hanya kita yang tahu apa yang sedang kita lakukan. Apa yang sedang kita jalani menuju impian itu sendiri. Jangan terganggu, hadapi dengan senyum saja. Karena itu tidak penting. Lalu apa yang penting? banyak hal. Diantaranya adalah kita bisa melakukan self branding untuk diri kita sendiri.

Jangan bilang tidak pantas, jangan bilang masih pemula dan jangan bilang belum apa-apa. Karena semua yang hebat dan terkenal itu juga bermula dari pemula dan bukan siapa-siapa. Jadi tahap pertama dari semua itu adalah pikirkan hal yang positif, buang yang negatif. Lalu renungkan, apa yang kita inginkan? apa yang kita impikan? itu yang disebut visi misi dalam diri kita. Jadi bukan hanya lembaga atau komunitas yang harus punya visi misi, kita pun sama. Harus punya "VISI MISI" yang jelas tentang impian atau cita-cita kita sendiri.

Coba rumuskan visi misi itu. Apa sih mau kita? lalu jalan mana yang harus kita tempuh? lalu impian dan cita-cita apa yang mau kita raih. Itu yang disebut dengan "GOAL"  Jika kita punya goal yang jelas lalu buat "PETA" bagaimana meraihnya? lalu bayangkan beberapa tahun ke depan, kita akan jadi apa. Jadi kita punya bayangan menjadi apa kita, dua tahu ke depan? lima tahun ke depan? dan seterusnya.

Dengan pemikiran seperti itu, maka langkah kita akan jelas. setelah buat peta, sebagai penulis dan blogger kita mau seperti apa? mau bagaimana? Itu yang akan membuat kita semangat untuk maju, terus berproses tanpa takut gagal dan tanpa menghiraukan halangan. Langkah kita menjadi tepat karena kita punya peta. 





Itu baru tentang pemikiran. lalu bagaimana langkahnya?

Percaya jika setiap orang punya kemampuan termasuk diri kita. Rasa percaya diri harus kita tanamkan jika kita mampu dan bisa. Dimulai dari pemilihan nama pena untuk penulis dan nama blog untuk blogger. Jadikan itu brand diri kita sendiri. Ciptakan image sesuai dengan yang mau kita angkat, dan percaya lah pada gaya yang ada pada diri kita sendiri. 

Langkah berikutnya adalah konsisten. Terus konsisten tanpa pernah kenal putus asa. Konsistensi ini akan berbuah manis. Tanpa kita sadari semua akan berjalan baik, banyak aura positif yang melingkari kita dan jalan akan terbuka dengan sendirinya. Ibaratnya jika pagar sudah kita buka, maka kita bisa melangkah dengan pasti.

Setelah itu, meskipun perlahan tapi pasti, terus lah produktif. Terus menulis dan terus update blog dengan rajin. Apa yang kita tulis dan update bisa juga disesuaikan dengan image yang mau kita bangun. Sehingga bisa seiringan berjalan menuju sukses itu sendiri. Bergabung lah dengan beberapa komunitas, karena di sana banyak teman untuk saling berbagi dan menambah jaringan. Kita bisa aktif untuk saling mengenal di sana. 

Ciptakan jaringan dimana saja kita sempat dan pada setiap kesempatan yang ada. Karena kadang-kadang semua itu jadi jalan pembuka diri dan membuat kita makin di kenal. Sehingga jika kita penulis, akan ada yang membeli buku kita dan jika kita blogger, akan ada yang mengunjungi blog kita. Dan, jika kita menjalani keduanya maka tentu kita dapat keduanya.

Terakhir, teruslah belajar, belajar dan belajar. Dengan menimba ilmu dimana saja kita bisa. Karena semua akan makin menambah kualitas diri kita. Dan tentu saja itu makin menebalkan rasa percaya diri akan kemampuan kita.  Sambil berproses, sambil terus belajar, sambil terus menjaga eksistensi diri maka "SUKSES" itu ada di depan mata.

Selamat melakukan semua itu, bayangkan menjadi apa kita beberapa tahun ke depan? 

SUKSES YAAAA.....















30 komentar:

  1. Saya sepakat tentang berpikir positif itu mbak. Ya, semua berawal dari pemula. Jadi tetap maju, semangat dan berpikir positif. :)

    Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip. salam juga. Makasi sudah mampir ya...

      Hapus
  2. setuju mbakkk... setujuuuhhh :D ayo kita saling memberi manfaat.

    BalasHapus
  3. bikin petanya gmn ya?
    iya memang orang tu kepo dan ikut campur plus ngadu
    tapi tetap harus keep +

    nice tip mak
    @guru5seni8
    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin petanya seperti buat timetable mbak. Thanks mbak...

      Hapus
  4. Sip mbak! Makasih atas penyemangatnya.

    BalasHapus
  5. Haha bener mak..tapi kalo saya mending liat yang saya sendiri wes...daripada ngurusin orang lain...namanya juga belajar ^^
    Stay positif thinking *toss

    BalasHapus
  6. Trims masukannya berguna sekali .... ^_^

    BalasHapus
  7. makasih wejangannya mak Deka :)

    BalasHapus
  8. Konsisten & disiplin...
    Disitu kdg saya merasa sedih.
    Ada aja alasan untuk melanggar maks. Xixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang-kadang begitu. Perlahan tapi pasti aja mak

      Hapus
  9. Kereeen...setuju, harus PD sama apa yg kita punya, walaupun punyanya juga segini2 acan hahahaha...

    BalasHapus
  10. Aku setuju menimba ilmu bisa di mana saja, termasuk sama yang lebih muda. Bahkan aku tau kalo header itu harus pake format .gif dari anak SMA. Di situ saya sedih sebab ilmu saya masih cetek dibanding orang yang kadang saya anggap remeh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nggak apa-apa mbak, belajar dari mana saja...

      Hapus
  11. Konsisten ya... Terimakasih sudah diingatkan :)

    BalasHapus
  12. Konsisten terusssss! happy blogger ;)

    BalasHapus
  13. trimakasih byk teteh deka utk suntikan semangatnyaa ;)

    BalasHapus
  14. Makasih Mbak sudah berbagi info... memang kudu penting banget ya membangun brand tentang blog kita... semoga aku bisa menerapkannya...

    BalasHapus
  15. Keren banget Mba sharingnya. Bismillah, praktekin pelan2 :)

    BalasHapus
  16. Kata kata ini seperti memaksa gw yang pemalas dan suka berfikir netting dan pesimis untuk bangun, kek tamparan bolak balik..

    Makasih kata kata penyemangat nya mba....,Hiksss


    Buleipotan.com

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka