Sabtu, 28 Maret 2015

Tips menjadikan blog anda "Etalase" untuk mendapatkan "Job" dari "Brand" kelas kakap.


Tips menjadikan blog anda "Etalase" untuk mendapatkan "Job" dari "Brand" kelas kakap.


Saat ini dunia maya makin berkembang pesat, segalanya menjadi lebih mudah dan tanpa sekat. Kemudahan itu tentu bukan tanpa etika dan tujuan. Karena hanya seseorang yang beretika dan punya tujuan yang jelas yang akan maju dan bertahan. Sementara yang tidak punya etika dan tidak punya tujuan biasanya hanya akan berjalan di tempat atau tumbang. Etika itu berkaitan juga dengan menulis dengan hati dan kejujuran. Seseorang yang menulis dengan hati, niat berbagi, tulus dan jujur biasanya akan mendapat rezeki yang tak terduga. Tidak ngoyo dan menghalalkan segala cara demi mencari rezeki akhirnya malahan celaka. Seperti kasus copas, plagiat dan lain sebagainya. Kalau kali ini selamat namun hanya tinggal menunggu waktu. Bangkai yang bau akhirnya akan tercium juga. 

Termasuk juga dengan tujuan kita menulis dan menjadi blogger atau ngeblog itu apa? Setiap orang juga punya kebebasan untuk itu. Apa tujuan anda? semua sah-sah saja. Sepanjang tujuan itu tidak merugikan siapapun bahkan kalau bisa tujuan itu bermanfaat tidak hanya untuk anda tetapi juga untuk banyak orang. Dengan demikian, apa yang anda lakukan semua bernilai ibadah. Dan, itu semua bukanlah hal yang sulit dilakukan. Mengapa saya mengawali tulisan saya seperti ini? karena rezeki yang datang dari kebaikan akan berkah. 

Niat mempunyai blog untuk berbagi dengan ikhlas, menjalankannya dengan menjaga etika, melakukannya dengan tujuan yang jelas maka rezeki itu akan datang dengan sendirinya. Saya sangat meyakini itu, karena itu sudah terbukti. Seseorang yang melakukan semua itu, akan bertahan dan bertambah maju. Saya merasakannya sendiri  dan melihat banyak orang sukses membuktikannya. Jadi luruskan niat, jagalah etika dan lakukan dengan tujuan yang jelas. Itu adalah rumus yang pertama. 

Yang kedua, apa tujuan anda? saat ini menjadi blogger sudah banyak diperhitungkan. Bahkan mendatangkan banyak hadiah dan rezeki. Saya bangga dengan teman-teman perempuan blogger saya yang sukses meraih semua itu. Bahkan saat ini menjadikan blog sebagai lahan mencari rezeki bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Blog yang ramai dikunjungi, dengan traffic yang tinggi biasanya akan mendatangkan banyak brand untuk menjadikan blog anda sebagai media bagi mereka berpromosi. Menyenangkan ya. Tetapi tentu untuk bisa seperti itu membutuhkan kerja keras. 

Namun, mungkin belum banyak yang tahu jika anda bisa juga menjadikan blog anda sebagai etalase anda untuk menggaet brand kelas kakap, dimana anda mendapatkan pekerjaan dengan kontrak bernilai puluhan juta. Apakah mungkin? sangat mungkin karena itulah yang saya lakukan saat ini. Atau setidaknya saya usahakan untuk melakukan ke arah sana. Mengapa saya menyebutnya "Etalase" anda? Ibarat anda punya toko maka tentu anda harus punya etalase bukan? seseorang yang berniat bekerjasama dengan anda bisa window shopping dulu. Saya melakukan itu dan ingin berbagi dengan anda. Brand di Indonesia itu sangat banyak lho. Ini adalah salah satu peluang bagi kita semua. 

Blog saya ini termasuk baru tetapi saya banyak belajar. Saya pun termasuk jarang update karena kesibukan menulis untuk buku terbit dan mengajar. Tetapi saya bisa menjadikan blog saya ini bermanfaat untuk diri saya, orang banyak (semoga yang membaca mendapat manfaat) dan menjadikannya etalase saya dalam mencari rezeki. Mungkin banyak blogger sukses mendapatkan rezeki di dunia maya namun masih jarang yang melirik lahan di luar itu. Seperti di bawah ini : 

                            


Fyi : nama asli saya Dewi Kurniawati. Deka Amalia adalah nama pena saya


Berikut tips permulaan dari saya :
  1. Jika senggang saya sering blogwalking dan saya seringkali menemukan artikel yang masih kurang baik. Pemilihan judul yang kurang menarik, tulisan yang tidak rapi, artikel yang ditulis dengan teknik asal-asalan. Bahkan ada yang salah menuliskan informasi. Bahkan tidak jarang banyak typo di sana sini dan EYD yang sangat berantakan. Jadi tips yang paling penting : belajar teknik menulis yang baik. Buatlah judul yang menarik dan berisi. Tulis artikel dengan teknik yang baik, ada pembukaan, ada isi dan buat kesimpulan. Untuk bisa menulis dengan rapi memang membutuhkan proses, jadi belajar dan menulis terus. Setelah artikel ditulis lakukan self editing, untuk memastikan jika anda telah menulis dengan baik dan benar.
  2. Punya kartu nama dan cantumkan blog anda di sana. Jika bertemu siapa saja, berikan kartu nama anda. Jika dia membuka blog anda maka jika tulisan anda rapi dan menarik. Suatu saat jika mereka membutuhkan jasa untuk menulis artikel di internal perusahaan mereka maka mereka akan menghubungi anda. 
  3. Buat beberapa tulisan tentang review produk meskipun bukan sponsor sebagai contoh jika anda bisa mereview produk dengan baik.
  4. Jika seseorang menghubungi anda untuk sebuah pekerjaan, berikan alamat blog anda. dari situ mereka bisa melihat profil anda, apakah cocok tidak untuk pekerjaan itu. Jadi blog anda juga berfungsi sebagai curriculum vitae bagi anda. 
  5. Pastikan menulis sesuatu yang bermanfaat, tidak mengandung sara dan  tidak penuh kontroversial. Karena brand tentu tidak ingin hal seperti terjadi pada mereka jika bekerjasama dengan anda.

Dari tips tersebut di atas tentu bisa dilihat apa alasan saya menjadikan blog saya ini sebagai etalase saya. Jika bertemu dengan siapa saja yang punya prospek, saya selalu berikan kartu nama. Dan jika ada yang menghubungi saya, maka saya selalu mengatakan : silahkan buka blog saya untuk melihat contoh tulisan saya. Dari situ mereka bisa menimbang apakah profil saya cocok untuk diajak kerjasama.

Jadi yang terpenting dari semua itu, pastikan menulis dengan baik dan menarik. Hingga brand yakin anda bisa menulis dengan baik untuk mereka. Banyak brand yang memiliki majalah internal. Honornya lumayan, antara Rp.300.000.- - Rp.1.000.000.- per artikel.  Tergantung panjang artikel, biasanya antara 3 halaman-10 halaman. Banyak brand yang membutuhkan jasa menulis artikel untuk kebutuhan promosi mereka. Biasanya semua dalam bentuk majalah, buku atau lainnya. Dan, kalau anda dikontrak untuk pembuatan buku, honornya bisa minimal di atas Rp. 5.000.000.- sampai puluhan juta. Tergantung jumlah halaman buku. 

Nah, tunggu apa lagi? peluang menanti di mana-mana. Tinggal anda putuskan mau berproses dimana. Berusaha dan berdoa. Insya Allah rezeki datang.

Oya, bagi yang ingin belajar memoles tulisan. Belajar menulis konten blog yang menarik, belajar menulis artikel yang baik dan belajar menulis review produk yang sesuai dengan standar perusahaan. Dan tentunya belajar lebih dalam tentang : dari blog dapat job dan penghasilan. Saya akan mengadakan pelatihan 1 hari.  Pada hari sabtu, tanggal 4 April 2015 di Jakarta. Tempat sangat terbatas karena itu peserta sangat saya batasi jadi info via inbox saja ya. Agar fokus dan efektif pelatihannya. Yang berminat sangat serius silahkan inbox fb saya : Deka Amalia Ridwan. Jika sudah penuh, pendaftaran saya tutup.  Jadi siapa yang duluan saja ya. 

Semoga tulisan ini  bermanfaat, Aamiin.

Note : Ada pelatihan online
info lengkap sms/Wa ke 08567034845 atau PIN BB 2A05D409

Atau,
Info lengkap ada di sini : http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html














87 komentar:

  1. Terimakasih tips-nya mbak Deka..Saya jadi kepikiran juga tentang mendapatkan job dari blog. Semoga kedepannya saya bisa mempermanis etalase saya :D
    Sukses buat pelatihannya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mbak Haya. Siip. Aamiin. Makasi juga ya mbak. Sukses yaaa....

      Hapus
  2. Terimakasih tipsnya, berguna sekali. Namun ada juga loh blogger yang kaidah bahasanya tdk begitu bagus, judulnya tidak menarik, penulisannya terlalu padat tapi pengunjungnya banyak. Bagaimana menurut mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Vita. Alhamdulillah. Memang ada mbak, blogger yang spt itu tapi menurut sy, blogger juga harus membangun image. Jadi pilihan pada kita sendiri, image apa yang mau kita bangun? Sekedar mengejar traffic? Kl lbh dari itu tentu harus ada peningkatan kualitas diri dan berpikir ulang tentang apa yg kt tuliskan.

      Hapus
  3. Tutor pelatihannya siapa mba Deka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri mbak Arin. Terima kasih sudah mampir. Saya fans mbak lho he he he

      Hapus
    2. http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb
      Mampir sini ya mbak...

      Hapus
  4. tulisannya bagus sekali mbak :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah dapat inspirasi dari tulisan ini. Terimakasih sudah berbagi :)

    BalasHapus
  6. Terima kasi untuk ilmunya, Mak. Semakin semangat belajar menulis yg baik.

    Sayang sy tidak domisili di Jakarta, tidak bisa ikut pelatihan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Sama-sama. Salam semangat.

      Hapus
    2. Ada online mbak, bisa buka : http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb

      Hapus
  7. hihi, tidak kontroversial ya, mba. :D Thanks for sharing. ;)

    BalasHapus
  8. Aseg dpt ilmu lg tfs ya mak

    BalasHapus
  9. Wah, Mbak Deka salam kenal dan terima kasih infonya. :)

    BalasHapus
  10. Salam kenal mba Deka. Tulisannya maknyuss sekali, selain introspeksi ada efek naikin semangat juga. Jika berkenan, boleh donk, mampir ke lamanku dan kasih kritikannya. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga,mbak. Alhamdullilah. Siap, Insya Allah mampir yaaaa...

      Hapus
  11. Infonya menarik banget mba Deka, saya perlu banyak belajar lagi krn terhitung newbie & belum 2 thn ngeblog.

    Thanks for sharing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Saya juga baru banget kok ngeblognya he he he

      Hapus
  12. Infonya menarik banget mba Deka, saya perlu banyak belajar lagi krn terhitung newbie & belum 2 thn ngeblog.

    Thanks for sharing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Saya juga baru he he he

      Hapus
  13. Subhanallah, saya suka tulisannya Mbak Deka. Jadi tambah semangat untuk memperbaiki etalase saya. Terima kasih, mbak.

    BalasHapus
  14. Mba Dekaa tipsnya oke sekali, akan kucoba praktekkan satu persatu yaa. Tengkyuuu

    BalasHapus
  15. Informasi yang menarik dan bermanfaat, serta menginspirasi semangat menulis. Perlu banyak belajar lagi nih biar memiliki pengunjung yang banyak dan bisa menciptakan brand tersendiri.

    BalasHapus
  16. Inspiratif mbak.... tp saat ini sy ngeblog msh just for fun n mdh2an bermanfaat bg yg baca...blm berpikir sejauh itu...hehehhe...slm kenal mbak :)

    BalasHapus
  17. makasih tips dan triknya mbak. sangat membantu dan menginspirasi :)

    BalasHapus
  18. Terima kasih tipnya mbak. saya percaya dan yakin akan hal itu. Hingga hari ini pun, saya mendapatkan manfaat luar biasa dari blog. Saya ingin mempelajari dan ingin gabung di acara mbak. sayangnya saya ada di Malang. Seandainya bisa sharing2 via WA, pasti saya sangat senang sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mbak, mampir sini ya : http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb

      Hapus
  19. makasih tips nya Mbak :D
    kapan nih mengadakan pelatihan online Mbak? biar yang di luar jakarta kayak saya ini bisa ikut :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Iya, ada online mbak. info ada bia buka :http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb

      Hapus
  20. tapi..blog ku sepi..gegara malas blogging...

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah mb masih kebagian job :) ..walau kadang masih typo hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Biasakan self editing dulu, mbak he he he

      Hapus
  22. harus banyak belajar nech... tulisan masih amburadul... tidak mengikuti EYD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk belajar. info ada di : http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb

      Hapus
  23. Masih harus banyak menata etalase..
    Terutama kemampuan menulis..

    TFS Mak..
    Salam Kenal^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal. Sila mampir : http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb

      Hapus
  24. mauuu... yang di bandung gmn mak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada online mak. Mampir sini : http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb

      Hapus
  25. Waaahh tulisanku termasuk yg udah bagus atau belum yaaa? Butuh insight nih mb. Pengen dikunjungi mb dewi eh Deka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he he nanti aku mampir ya, Insya Allah...

      Hapus
  26. Pengen belajar cara menulis post yang baik saya ikutan ya makkk..

    Http:/beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
  27. Aku nulis buat mengisi waktu luang dan memang suka menulis kalaupun buntutnya ntar dapat uang alhamdulilah kalau tidak ya tidak apa-apa, aku hanya ingin menyimpan kenangan aku dan keluargaku liwat blogku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Uang memang bukan yang utama, mak. Jika melakukan sesuatu dengan rasa bahagia, biasanya rezeki mengikuti. Insya Allah...

      Hapus
  28. Salam kenal mak deka.. saya food blogger newbie, walaupun inti dari food blogger adalah tentang resep dan hasil masakan, tapi saya ingin sekali terampil dalam mengolah tulisan.. untuk prakata, atau cerita dibalik masakan yang saya buat, dll. Kelemahan saya kurang mengerti EYD dan tata bahasa yang baik. Membaca artikel mak Deka membuat saya lebih semangat untuk terus belajar. Bukan semata mata pengen dpt job review, tapi pengen pengunjung blog saya betah. hehehe..
    Apabila berkenan mohon saya diberi masukan tentang tulisan di blog saya ya mak.. terima kasih :)
    Maaf ya mak saya sertakan URL blog saya www.mahes-familydiary.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga, mak. Alhamdulillah. Insya Allah mampir yaa...

      Hapus
  29. Wah, sy suka sekali tulisan ttg belajar menulis scr sy masih baru juga. Sukses ya mbak bwt acaranya.

    BalasHapus
  30. TFS tips nya Mba Deka...
    Lumayan nyentil postingan ini karena blog saya isinya suka2 saya saja *tutupmuka* hihihi...
    Kalo tdk keberatan monggo intip blog saya dan menurut Mba Deka gimana ya? Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama he he he Insya Allah, mak...

      Hapus
  31. Terima kasih atas ilmunya yang bermanfaat. Semoga makin berkah ya mbak :)

    BalasHapus
  32. Alhamdulillah. sama-sama mbak

    BalasHapus
  33. terima kasih infonya mba ini bermanfaat. aku masi sering banget typo sana sini mau nya langsung publis aja. hahaha
    btw salam kenal mba. ini pertama kalinya aku kesini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi juga mbak. Salam kenal juga.

      Hapus
  34. Alhamdullilah, sangat bermanfaat. Selama ini saya menulis untuk mengisi waktu luang karena tinggal di negeri antah berantah. Sekarang malah jadi ketagihan. Terima kasih dan salam kenal.

    BalasHapus
  35. Infonya luarbiasa sekali mba Deka, nambah wawasan juga soal job review nih :) tengkyu ya mbak :) salam sukses selalu

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah dapat pencerahan setelah baca tulisan mbak..:) terima kasih sudah berbagi ya mbak. Salah satu tujuan saya ngeblog adalah agar tulisan saya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tapi kadang saya suka buntu si tengah jalan.Kehabisan ide apa yang harus dituliskan lagi. Jadi ingin belajar lebih banyak lagi dari mbak Deka. Saya senang sekali jika mbak mau berkunjung ke blog saya dan minta pendapat dari mbak... sekali lagi makasih ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Ok mbak, nanti sy mampir ya. Bisa buka tulisan saya tentang pentingnya meningkatkan kualitas diri mbak

      Hapus
  37. Alhamdulillah dapat pencerahan setelah baca tulisan mbak..:) terima kasih sudah berbagi ya mbak. Salah satu tujuan saya ngeblog adalah agar tulisan saya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tapi kadang saya suka buntu si tengah jalan.Kehabisan ide apa yang harus dituliskan lagi. Jadi ingin belajar lebih banyak lagi dari mbak Deka. Saya senang sekali jika mbak mau berkunjung ke blog saya dan minta pendapat dari mbak... sekali lagi makasih ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://duniadeka14.blogspot.com/2015/03/pentingnya-meningkatkan-kualitas-diri_30.html?spref=fb
      Mampir sini ya mbak..

      Hapus
  38. siapp ikutan teh deka, biar bs bkn blog aq lbh bagus dan terarah...sampe ktmu di lokasi teh deka :)

    BalasHapus
  39. terima kasih sharingnya ya mba deka :*

    BalasHapus
  40. kereen deh. aku juga mau dapat job. salam kenal

    BalasHapus
  41. Tips yang layak untuk segera dipraktekkan, nih, Mba. Thanks for the tips yaaa. Mau ah sekeren Mba Deka. Ntar kucolek2 dirimu, ya, Mba. :)

    BalasHapus
  42. Ah...adem bacanya 😆
    Tulisanmu cerminan dirimu nih ceritanya yah

    BalasHapus
  43. Sharringnya sangat bermanfaat.. Saya jadi ingat blog saya yg berdebu..

    BalasHapus
  44. Thanks mba deka pencerahannya. Mau bikin etalase yang bagus deh biar blog dhika nyaman dikunjungi. Harus terus belajar ini.😄

    BalasHapus
  45. mksh tipsnya mbak....aku kdg juga msh typo sana sini nih

    BalasHapus
  46. Makasih tipsnya lho Mbak :)
    Sangat bermanfaat..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka