Rabu, 31 Desember 2014

Tips Manajemen Waktu untuk IRT Penulis


Akhir tahun 2104 ini saya merenungi banyak hal termasuk manajemen waktu yang selama ini saya jalani. Banyak yang saya inginkan masih terbengkalai atau belum terwujud. Salah satunya adalah untuk konsisten update blog. Banyak hal yang ingin saya tulis di blog ini, banyak hal ingin saya bagikan dan impian bisa punya blog yang bisa  memberi manfaat bagi banyak pembaca. Semua itu belum tercapai karena banyak pekerjaan lain yang menyita waktu. Terutama adalah impian untuk punya buku terbit lebih banyak lagi. Maka saya mengejar menulis dan menyelesaikan naskah. Akibatnya blog saya sepi bahkan beberapa tulisan teman yang saya tandai ingin saya baca juga tak sempat saya buka. Saya tak sempat menulis blog, sedih...

Bisa jadi karena saya banyak maunya, mau ini...mau itu. Banyak orang bilang pilih mau apa lalu fokus. Tetapi bagaimana jika semua itu kita sukai. Beberapa hal yang kita sukai dan ingin bisa kita kerjakan secara bersamaan. Ingin menulis untuk media, ingin punya banyak buku dan ingin rajin ngeblog. Aduuuh, itu mungkin nggak ya. Sementara kita juga masih punya kewajiban sebagai ibu, sebagai istri dan sebagai anggota masyarakat. Ini...itu...banyak sekali...

Kadang kita merasa kehabisan waktu dan tidak bisa mengerjakan semua sesuai jadwal. Selalu tergesa dan diburu waktu. belum ini...belum itu....Bahkan kadang kita merasa  tidak ada waktu untuk diri kita sendiri, pengen ini...pengen itu...
Rasanya kita harus mengubah semua, agar waktu bisa berjalan dengan menyenangkan tetapi berisi dan menghasilkan sesuatu.

Setelah saya pikirkan semuanya, saya bertekad di awal tahun ini saya mengubah semua rutinitas yang selama  ini saya jalani. Jika sebelumnya saya hanya mengerjakan dan fokus pada sesuatu yang sedang saya kerjakan maka kini saatnya semua harus lebih teratur. Saya harus punya agenda. Harus buat jadwal dan disiplin mengerjakannya. Dulu saat menjadi Dosen saya terbiasa melakukan semua sesuai jadwal. Sekarang saat bekerja sendiri seperti ini, tentu harusnya saya bisa lebih mengatur waktu dengan baik. Bahasa kerennya manajemen waktu.

Saya mau mulai menerapkannya hari ini dan saya ingin berbagi dengan teman semua. Yuuk, kita mulai mengubah pola harian yang selama ini kita jalani. Agar semua keinginan tercapai dan semua impian terwujud. Amiiiin.

Berikut beberapa hal yang mau saya kerjakan :

1. Buat daftar harian ( to do list) apa yang harus kita kerjakan setiap hari. Misalnya pagi mengurus anak sekolah hingga mengantar anak sekolah. lalu pulang jika punya ART bisa delegasi pekerjaaan, jika tidak kerjakan dulu. Sampai jam berapa? katakanlah jam 9. Setelah selesai semua, mandi yang wangi lalu duduk depan laptop. mau nulis apa? kalau pagi misalnya : nulis untuk media, update blog, update sosmed. sampai jam berapa? misalnya sampai jam 11 siang. Lalu setelah itu bisa kembali ke rutinitas rumah. belanja, masak, jemput anak dan sebagainya.
Malam hari setelah semua urusan anak dan rumah beres, kita bisa menulis naskah. Jangan terlalu malam, Kita butuh istirahat juga kan. Menulis 2-3 jam sehari cukup.

2. Buat rencana mingguan. Target mingguan, mau menyelesaikan berapa halaman? mau kirim ke media mana? mau update blog berapa kali dalam seminggu. Istilah kerennya SMART( specific-measureable-achievable-reasonable-timeline)

Awal minggu buat target yang terukur tetapi memang yakin kita mampu mengerjakannya. Akhir minggu evaluasi tercapai atau tidak. Jika tidak cek apa masalahnya. Lalu cari solusi agar minggu depan target lebih bisa tercapai.

3. Atur prioritas. Tetap tentukan prioritas. Mana yang harus diselesaikan. Buat list dari beberapa pekerjaan yang ingin kita kerjakan. Setelah satu selesai bisa maju ke list berikutnya.


4. Meski kita IRT, kita bukan superwoman. Buat delegasi. Jika punya ART mungkin lebih mudah. Jika tidak libatkan anak untuk hal-hal yang bisa mereka kerjakan. Misalnya merapikan mainan sendiri, merapikan kamar sendiri, selesai makan cuci piring sendiri dan sebagainya. Ajarkan mereka mandiri. Harusnya meski punya ART, anak harus mulai diajarkan mandiri. Minimal mengerjakan apa yang mereka butuhkan sendiri.

5. Jangan mudah tergoda atau takut mengatakan tidak jika ada ajakan yang terlalu menyita waktu. Bisa kita alokasikan dalam seminggu, jika kita ingin punya "me time" atau jalan atau arisan, atau apa saja. Misalnya cukup 1 x seminggu. Tetap jangan lupa kita juga butuh santai. Butuh rehat sejenak dari runitas. agar kembali fress. Kalua saya me time nya ke salon. he he he dan, arisan cukup 1 x sebulan saja.

6. Perfeksionis membutuhkan waktu. Jangan berharap semua berlangsung seketika sempurna. Perlahan tapi pasti. Jika ada kesalahan perbaiki tetapi jangan sampai merusak mood. 

7. Saat produktif setiap orang berbeda. Kenali waktu dimana kita bisa lebih lancar menulis. Momen ini bisa kita ciptakan.

8. Kenali apa yang bisa mengganggu kita atau mengalihkan perhatian kita. Hindari. Misalnya terlalu banyak chatting atau tidur he he he 
Intinya kenali apa yang selama ini menjadi kendala kita untuk bisa produktif lalu atasi.

9. Atur waktu kapan buka sosmed dan menjawab semua inbox misalnya. Alokasikan saja waktunya. Hingga tidak menyita waktu.

10.Disiplin. Kunci yang terakhir. Karena tanpa ini semua hanya tinggal di atas kertas. 

Kapan mulainya? sekarang juga yuuuk
Aku mulai hari ini.
Mari mengejar waktu yang telah lama tertinggal. Mulai produktif.
Jika membutuhkan dorongan atau ilmu, jangan segan ikut komunitas yang bisa membakar semangat kita. Atau ikut kelas menulis agar bisa lebih terarah dan terpacu. 

Salam Semangat

#Semoga tahun ini, saatnya karya kita bertebaran. Amin.














14 komentar:

  1. Disiplin itu kata yg mudah diucapkan tapi pelaksanaanya butuh perjuangan, perjuangan mengalahkan diri sendiri yg masih sering memanjakan rasa malas dan enggan. Mari berjuang...hehehe...

    BalasHapus
  2. Salam semangaaat. .tips yang sangat bermanfaat buat saya mbak... karena selama ini saya juga pengen ini pengen itu. Jadinya kurang fokus. Makasih banyak sharingnya. .

    BalasHapus
  3. Kereeeeen mak! Two thumbs up! Makasiiii tipsnya :))

    BalasHapus
  4. Manajemen waktu kunci sukses IRT yang memiliki banyak keinginan seperti saya he.. yuuk Mb kita produktif bersama :)

    BalasHapus
  5. Semoga tahun depan bisa lebih baik sebagai ibu dan penulis. Suka sama tips2nya mba Deka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mbak Arin. Makasi mbak sudah baca dan mampir. Alhamdulillah suka...

      Hapus
    2. Amin mbak Arin. Makasi mbak sudah baca dan mampir. Alhamdulillah suka...

      Hapus
  6. Aduh, udah komen panjang, salah klik tadi...hahaha

    Ayo mbak deka...semangat di tahun 2015.

    Tahun ini dian canangkan sebagai tahun mulai untuk fokus dan konsisten.

    Meskipun belum disiplin soal management waktu, tapi dian pilih konsisiten. jadi jika sudah ditetapkan hari ini nulis cernak dua buah, mau jadinya subuh atau malam, dian kudu kelarin mbak :D

    demikian juga kelas online PERMEN yang dian buat... membuat dian konsisten menulis novel anak lagi tahun ini. amiiin.

    Meskipun januariku padat merayap, in sha Allah bisa kita kejar cita-cita dan nilai kebaikan itu ya mbak deka..

    Bismillah, sama-sama kita kerja keras ya mbak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk, Dian. Semangat....
      Aku juga nulis ini sebagai pengingat diri untuk mulai konsisten. Setelah dilenakan waktu...
      Bismillah. Sama-sama kerja keras yaaa....

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka