Kamis, 13 November 2014

Memberikan yang Terbaik di era Teknologi Informasi.



Memberikan yang Terbaik di era Teknologi Informasi.

Deka Amalia




Profesi saya dari sejak kuliah adalah guru. Saat kuliah saya mengajar les privat untuk siswa SD dan SMP. Baru dua tahun terakhir saya mengajar ekskul menulis di beberapa sekolah. Saya mengajar Creative Writing untuk siswa SD, SMP dan SMA. Materi yang saya berikan adalah teknik penulisan dan berlatih menulis. Mereka diwajibkan menghasilkan satu karya yang kemudian diterbitkan dan diedarkan untuk kalangan sekolah di akhir semester. Jadi guru, teman dan orang tua mereka bisa menikmati hasil karya mereka.

Saya sangat menikmati proses mengajar. Memberikan  ilmu dan pengalaman menulis pada murid-murid saya. Bagi saya kenikmatan mengajar ini sangat penting karena dengan begitu, kita akan berusaha memberikan yang terbaik pada anak didik kita. Dengan rasa seperti itu, kita juga menjalin ikatan batin dengan murid-murid sehingga mereka dapat menikmati proses kegiatan belajar mengajar dengan baik. Jika sudah begitu tentu mereka pun akan berusaha belajar dan menghasilkan yang terbaik. Pengalaman membuktikan jika cara ini berhasil membuat mereka menyerap ilmu dengan baik.

Dibalik semua itu, dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju. Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan belajar mengajar sangat dibutuhkan. Dalam menulis, murid tentu membutuhkan wawasan dan bacaan yang lengkap untuk menunjang proses kreatifnya. Karena itu dengan adanya akses internet, dengan mudah mereka mencari bahan dan data yang dibutuhkan dalam proses menulis. Apakah itu fiksi dalam bentuk cerpen atau non fiksi dalam bentuk artikel. Dengan wawasan dan data yang mudah didapatkan melalui teknologi informasi ini, murid-murid saya mampu menghasilkan proses kreatif yang lebih baik.

Sebuah ide dalam tulisan tidak akan berkembang menjadi sebuah tulisan yang baik tanpa adanya bahan data yang akurat dan terpercaya. Dengan adanya akses internet yang mudah ini, membuat murid-murid saya bisa memperolehnya dengan cepat, mudah dan akurat. Mereka bisa mencari bahan dan data yang dibutuhkan untuk mengembangkan ide sehingga bisa menghasilkan karya yang memuaskan.

Karena itu, dalam proses belajar mengajar di ekskul Creative Writing, setiap siswa diperbolehkan membawa notebook atau laptop. Beruntung sekolah menyediakan wifi yang menunjang proses belajar kami di sekolah. Sehingga murid-murid saya dapat dengan mudah mengakses internet.

Tidak hanya itu saya juga mengajarkan mereka untuk memanfaatkan sosial media yang ada sebagai media yang positif. Saat ini, memang sebagian besar orang tua, masih kuatir dengan adanya internet dan sosial media. Padahal hal tersebut sangat bermanfaat untuk proses belajar dan mengajar. Hanya saja tentu tetap dalam pengawasan. Artinya murid-murid mengakses internet dan menggunakan sosial media dengan pengawasan guru jika di sekolah dan orang tua jika di rumah. Dengan begitu mereka terhindar dari akses negatif yang kemungkinan memang ada.

Salah satu yang saya anjurkan terutama untuk murid SMA adalah mulai membuat dan berlatih menulis di blog. Mereka membuat blog pribadi dan menulis tentang dunia mereka di sana. Saya melihat mereka sangat menikmati kegiatan blogging ini. Dengan begitu mereka terlatih percaya diri untuk menampilkan karya mereka pada dunia luar. Untuk sosial media yang lain mereka juga memiliki facebook, saya memberikan saran untuk menulis atau berbagi status yang positif serta menganjurkan untuk membatasi pertemanan di facebook. Dan, mulai memanfaatkan note di facebook untuk berbagi tulisan mereka.

Saya merasa, murid-murid memang harus mulai dikenalkan dengan teknologi informasi terutama untuk menunjang proses belajar dan mengajar. Mengapa? Karena mereka lah kelak pelaku teknologi itu sendiri. Mereka bukan hanya sekedar menjadi pengguna kelak tetapi bisa juga mereka yang mengembangkan teknologi informasi untuk lebih maju. Karena itu, sudah saatnya setiap proses belajar mengajar di sekolah memanfaatkan teknologi informasi ini dengan baik.

Setiap mata pelajaran yang ada bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang proses belajar mengajar. Dan, ini yang sangat dibutuhkan di era teknologi yang sudah bergerak dengan pesat. Jangan sampai generasi kita tertinggal jauh dibandingkan generasi bangsa lain. Maka sudah saatnya setiap sekolah dibantu untuk bergerak maju dan memanfaatkan teknologi informasi dengan maksimal. Semua semata untuk memberikan yang terbaik bagi anak didik kita sebagai generasi penerus bangsa. Karena mereka lah penentu kemajuan bangsa kita kelak.



3 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka