Jumat, 26 September 2014

Female Daily Blogger Workshop : Blogger pemula? Siapa takut....





Sabtu lalu, saya mengikuti workshop yang diadakan oleh female daily ini di ArtOtel Jakarta. Agak telat ya, baru sekarang sempat update ceritanya. Kemarin, disibukkan oleh naskah. Sambil bertekad setelah ini harus lebih bisa bagi waktu untuk lebih sering update blog. Kalau bisa minimal 2 hari sekali,amin.

Kemarin saat workshop ada beberapa teman blogger yang ikutan dan sudah lebih dulu menulis ceritanya. Jadi karena sudah ada yang menulis laporan lengkap tentang materi workshop, saya mau bercerita tentang hal yang berbeda, yang sesuai dengan kondisi saya saat ini. Saya belum lama ngeblog, baru beberapa bulan lalu. Ya, ampun masih bayi banget ya. Kemana aja? Ya, maklum lah dulu saya ini manusia offline yang disibukkan oleh pekerjaan rutinitas. Tapi saya tidak kecil hati, masih banyak teman senasib dan tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai hal yang positif. Kemarin, saat workshop, saya ketemu banyak blogger senior tapi ternyata banyak juga yang pemula, bahkan ada yang belum punya blog, bener-bener baru memulai. Kalau mau jadi blogger kapan tepatnya memulai? Mulai sekarang juga, jangan ditunda.


Banyak hal yang bisa dipetik dari workshop ini, nggak rugi deh. Nah, saya mau berbagi cerita apa yang bisa dipetik untuk blogger pemula. Pertama sih, tentu harus tahu dulu kenapa mau ngeblog, apa tujuannya? Dengan memahami itu, kita jadi punya motivasi untuk ngeblog dengan konsisten. Kata kunci yang utama adalah konsistensi, karena tanpa kosistensi kita tidak akan berkembang.

Dan, kita juga memahami jika menjadi blogger itu yang paling utama adalah passion. Kita harus melakukannya dengan hati, dengan tulus, karena hanya dengan begitu kita menemukan kebahagiaan sebagai blogger. Ternyata, awalnya adalah karena bahagia berbagi dan memberi manfaat bagi yang membaca blog kita. Luar biasa ya. Memahami jika "to blog is to connect, create, share and inspire" kita terhubung satu sama lain, menciptakan sesuatu dan memberi inspirasi bagi banyak orang, luar biasa bukan? Itu lebih berharga dari materi.

Namun, percaya jika apa yang kita lakukan dengan tulus akan mendatangkan berkah. Berkah itu adalah menjadi dikenal dan akhirnya mendatangkan uang. Maka"making money from blogging" akan datang dengan sendirinya. Semua blogger yang sudah sukses itu, sudah bisa memperoleh hasil materi dari ngeblog awalnya melakukan semua karena suka bukan semata uang tetapi hasilnya justru uang itu datang. Terlihat sekali kan, berkahnya akan datang sendiri.

Walaupun kita melakukannya karena suka bukan berarti kita kerjakan dengan suka-suka. Kita harus tahu ilmunya dan belajar dari kesuksesan mereka. Kita harus bisa mengoptimalkan blog kita dan mengerjakan dengan profesional. Hingga hasil yang kita capai akan maksimal karena intinya kita juga tidak mau kan, hanya buang waktu percuma. Karena seseorang yang mengerjakan dengan baik akan memperoleh hasil yang baik. Menjadikan blog kita berkembang optimal, kita bahagia mengerjakannya dan memperoleh hasil yang optimal.

Berikut beberapa tips yang bisa dipetik:
1. Membuat blog personal memang tidak ada salahnya tetapi kita harus bisa memilah laman menjadi tematik. Sehingga jelas konten yang mau kita bagikan.

2. Rajin update blog, jangan biarkan pengunjung kembali ke blog kita tetapi tidak menemukan sesuatu yang baru.

3.Buat tulisan yang menarik, memberi inspirasi dan dekat dengan pembaca.

4. Terus konsisten, karena sekali berhenti, kita akan kehilangan banyak hal dan harus memulai dari awal.

5. Jika blog kita terlihat menarik, brand akan datang pada kita. Menurut Simon Torring, Head Content Luxola.Com. Brand tidak mencari blogger senior saja tetapi juga blogger pemula. Jadi jangan kuatir Brand tidak tertarik. 

6. Katakan semua dengan jujur dan apa adanya, karena hal itu yang membuat tulisan kita berjiwa.

7.Jangan pernah kita melakukan copas atau mengambil foto tanpa menyebutkan sumber, sekali melakukan itu, maka kita akan tamat. Tidak akan dihargai.

8. Jalin komunikasi dengan mereka yang sudah memberi komen di blog kita, meski telat, balas komennya atau kunjungi blognya.

9, Promosikan blog kita di semua sosial media yang kita miliki agar kita dikenal.

10. Pelajari semua hal teknis dengan belajar sendiri atau bertanya pada senior.

Begitulah, tips singkat yang bisa saya petik untuk blogger pemula. Jangan takut dan ragu untuk mulai. Mulailah sekarang juga, kerjakan dengan sepenuh hati maka hasilnya akan luar biasa. Salam blogger, 

15 komentar:

  1. nice article
    saya juga blogger pemula nih

    BalasHapus
  2. Makasih sudah berbagi tips ngeblog... Memang pengennya sih punya blog tematik... Masalahnya nih aku bingung mau bikin yg tema apa...soalnya banyak banget ide di kepala... Takutnya malah gak konsisten dengan tema blog dan jadi blog yang gak jelas... Padahal kita sudah bikin blog berbayar demi mengangkat yang tematik... Setidaknya setelah membaca tips di atas bisa memberikan pencerahan gimana sih blog yang baik dan bisa dilirik brand lain?

    BalasHapus
  3. Sama2 mbak Rita. Semoga tips diatas bisa membantu ya. Kalau belum bisa buat blog tematik gpp mbak, lamannya dibuat tematik aja. Semangaat...

    BalasHapus
  4. Trimakasih ilmunya mbak.. sangat bermanfaat.. saya juga pemula sekali :)

    BalasHapus
  5. Makasih udah di share mbak....saya juga pemula. Blog tematik tuh apa ya.? he..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mb. Blog tematik contohnya food blogger, travel blogger, parenting blogger dsbnya. Jadi konten blognya sesuai tema itu. Saya juga masih campur2 kok he he he

      Hapus
  6. waa..pemula aja followernya lebih banyak dari aku. Malu ah, tutup muka. Keep blogging Mak!

    BalasHapus
  7. Makasih mbak , aku ngeblognya masih campur-campur belum bisa tematik :)

    BalasHapus
  8. Sama2 mbak. Iya, aku jugaa....nano nano..

    BalasHapus
  9. aq udah lm ngeblog tp isinya msh nano2 ga tematik dan jg ga konsisten msh timbul tenggelam..teh deka ajarin yaa ;)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar dan terima kasih ya sudah meninggalkan komennya Salam hangat.
deka